Kamis, 12 Juli 2018

Game 8 Day 9

9 Juli 2018

Tetiba malam ini, kakak bertanya tentang hutang. Rupanya berawal dari ajakan temannya untuk menemani ke bengkel menambal sepedanya yang bocor. Dan ternyata temannya tidak membawa uang. Kemudian mengatakan ke pemilik bengkel "utang dulu" katanya. 😱

Ini yang menjadi pertanyaan kakak. Hutang itu apa? Saya jelaskan bahwa hutang itu meminjam barang (uang atau apapun) untuk memenuhi kebutuhan kita karena kita tidak memilikinya tapi harus dikembalikan/dibayar. Seperti temannya tadi, tidak punya uang untuk membayar tambal ban akhirnya berhutang ke bengkelnya dan nanti harus di bayar.

Memang boleh berhutang?  Dalam kondisi tertentu, karena memang sangat dibutuhkan,  boleh berhutang. Tapi diusahakan semaksimal mungkin supaya tidak berhutang.

Caranya Bagaimana?  Harus pandai-pandai mengatur keuangan. Seperti uang jajan dan angpao lebaran kakak kemarin. Dibagi-bagi untuk kebutuhan kakak seperti sebagian untuk membeli mainan, buku, kue-kue. Sebagian lagi ditabung untuk dana darurat yang akan dipakai ketika ada kebutuhan mendesak jadi tidak berhutang.  Sebagian lagi diamalkan.
Selain itu kakak harusnya buat catatan kebutuhan. Supaya tidak besar pasak dari tiangnya, jadi pengeluaran kakak tidak lebih besar dari jumlah uang kakak.

"hmmm gitu" komentarnya
"jadi kapan mama mau kembalikan uangku yang kemarin dipinjam? "
(emaknya tepuk jidat... Halah😫)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar